SOAL DAN PEMBAHASAN PERTANYAAN DISKUSI PENGANTAR AKUNTANSI MANAJERIAL
Judul Buku : Dasar-Dasar Akuntansi Manajerial Edisi 5
Penulis :
- Maryanne M. Mowen
- Don R. Hansen
- Dan L. Heitger
Penerbit : Salemba Empat
source pic by : pinterest
BAB 1 Pengantar Akuntansi Manajerial
PERTANYAAN DISKUSI
1.
Apakah
yang dimaksud dengan akuntansi manajerial?
Jawaban :
Akuntansi manajerial (managerial accounting) adalah sistem akuntansi
internal perusahaan dan dirancang untuk mendukung kebutuhan manajer akan
informasi yang tidak terikat oleh kriteria formal, seperti prinsip-prinsip
akuntansi berterima umum (PABU).
2.
Apakah
tiga tujuan besar akuntansi manajerial?
Jawaban :
Akuntansi manajerial memiliki tiga tujuan yang luas :
·
Menyediakan
informasi untuk perencanaan kegiatan organisasi
·
Menyediakan
informasi untuk pengendalian kegiatan organisasi
·
Menyediakan
informasi untuk pengambilan keputusan yang efektif
3.
Siapa
sajakah pengguna informasi akuntansi manajemen?
Jawaban :
Secara khusus, pengguna informasi akuntansi manajerial diperlukan
oleh pengguna internal seperti manajer, eksekutif dan para pekerja perusahaan.
4. Apakah
sistem akuntansi manajerial harus menyediakan, baik informasi keuangan maupun
non-keuangan? Jelaskan.
Jawaban :
Akuntansi manajerial harus menyediakan informasi berupa informasi
keuangan, informasi non-keuangan, dan lebih bersifat subjektif. Akuntansi manajerial
memberikan informasi yang lebih lengkap dan terperinci yang dipergunakan untuk
pengambilan keputusan sehingga informasi yang disediakan tidak terbatas.
5.
Apakah
yang dimaksud dengan pengendalian?
Jawaban :
Pengendalian (controlling) adalah aktivitas manajerial untuk
mengawasi implementasi rencana dan melakukan perbaikan.
6.
Jelaskan
hubungan antara perencanaan, umpan balik, dan pengendalian.
Jawaban :
·
Perencanaan
(planning) memerlukan penetapan sasaran dan pengidentifikasian
metode-metode untuk mecapai sasaran tersebut.
·
Setelah
suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diterapkan dan penerapannya harus
diawasi oleh manajer dan pekerja untuk memastikan bahwa rencana tersebut
berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yakni pengendalian (controlling).
Pengendalian biasanya bisa dicapai dengan memperbandingkan kinerja yang
sebenarnya dengan kinerja yang diharapkan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengevaluasi
atau memperbaiki langkah-langkah yang diambil dalam mengimplementasikan suatu
rencana.
·
Berdasarkan
umpan balik, seorang manajer (atau pekerja) dapat memutuskan untuk membiarkan
pelaksanaan tersebut berlangsung, mengambil tindakan perbaikan tertentu agar
langkah yang diambil sesuai rencana awalnya, atau melakukan beberapa
perencanaan ulang.
7.
Apakah
perbedaan antara akuntansi manajerial dan akuntansi keuangan?
Jawaban :
Akuntansi manajerial :
·
Fokusnya
internal
·
Tidak
ada aturan yang mengikat
·
Informasi
keuangan dan non-keuangan; informasi bersifat subjektif
·
Penekanan
pada masa depan
·
Evaluasi
dan keputusan internal berdasarkan informasi yang terperinci
·
Lebih
luas, berbagai disiplin ilmu
Akuntansi keuangan :
·
Fokusnya
eksternal
·
Harus
mengikuti aturan yang ada
·
Informasi
keuangan bersifat objektif
·
Orientasi
historis
·
Informasi
tentang perusahaan secara keseluruhan
·
Lebih
mandiri
8.
Jelaskan
peranan pelaporan keuangan dalam mengembangkan akuntansi manajerial. Mengapa
terjadi perubahan akhir-akhir ini?
Jawaban :
Lingkungan bisnis tempat perusahaan beroperasi telah berubah secara
dramatis selama beberapa dekade terakhir. Contohnya, kemajuan dalam teknologi,
internet, pembukaan pasar di seluruh dunia, peningkatan tekanan persaingan dan
peningkatan kerumitan strategi dan kegiatan operasi telah bergabung untuk
menghasilkan sebuah lingkungan bisnis global. Sistem akuntansi manajerial yang
efektif juga telah berubah menyediakan informasi yang membantu perbaikan dalam
aktivitas perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan di perusahaan. Beberapa
kegunaan akuntansi manajerial yang penting berasal dari kemajuan-kemajuan
tersebut yang terdiri atas : metode bar dalam memperkirakan biaya dan
keuntungan produk atau jasa, memahami orientasi pelanggan, mengevaluasi bisnis
dari perspektif lintas fungsi, dan menyediakan informasi yang berguna untuk
meningkatkan kualitas keseluruhan.
9.
Jelaskan
arti dari nilai pelanggan. Bagaimana perhatian terhadap nilai pelanggan
mengubah akuntansi manajerial?
Jawaban :
Nilai pelanggan adalah fokus utama karena perusahaan dapat
membangun keunggulan bersaing dengan menciptakan nilai yang lebih baik bagi
pelanggan dengan biaya yang sama atau lebih rendah dibandingkan pesaing, atau
menciptakan nilai yang sama dengan biaya yang lebih rendah dari pesaing.
Adapun nilai pelanggan dapat mengubah akuntansi manajerial dalam
informasi non-keuangannya berupa selisih antara apa yang diterima oleh pelanggan
dan apa yang diberikan oleh pelanggan saat membeli produk atau jasa. Pelanggan menerima
fitur-fitur produk yang dasar dan khusus, pelayanan, kualitas, cara penggunaan,
reputasi, merek, dan faktor-faktor penting lainnya. Disisi lain, pelanggan
memberikan biaya pembelian produk, waktu, dan usaha yang dikeluarkan untuk
memperoleh dan mempelajari bagaimana penggunaan produk, dan biaya penggunaan,
pemeliharaan, dan pembuangan produk.
10.
Apakah
yang dimaksud dengan rantai nilai? Mengapa rantai nilai penting?
Jawaban :
Rantai nilai (value chain) adalah sekumpulan aktivitas yang
diperlukan untuk merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan
mengirimkan produk atau jasa, juga menyediakan layanan dukungan bagi pelanggan.
Rantai nilai sangat penting karena aktivitas-aktivitas dalam rantai nilai
merupakan kegiatan yang mempengaruhi jalannya perusahaan. Dengan mengembangkan
rantai nilai, perusahaan dapat meningkatkan nilai penjualan, laba hingga
peningkatan nilai pelanggan.
11.
Jelaskan
mengapa akuntan manajemen saat ini harus memiliki perspektif lintas fungsi?
Jawaban :
Perspektif lintas fungsi memungkinkan kita untuk melihat dalam
sebuah gambaran besar, cara pandang yang lebih luas yang membuat manajer dapat
meningkatkan kualitas, mengurangi waktu yang diperlukan untuk melayani
pelanggan (baik internal maupun eksternal), dan meningkatkan efisiensi. Contohnya,
pegawai penjualan dapat menawarkan potongan harga yang besar pada akhir tahun
untuk memenuhi target penjualannya. Jika pelanggan membeli produk dalam jumlah
yang banyak, pabrik milik perusahaan harus beroperasi dalam dua sif, sehingga
memunculkan adanya upah lembur, untuk memenuhi peningkatan permintaan yang
terjadi secara tiba-tiba. Melalui perspektif lintas fungsi, dapat diketahui bahwa
peningkatan pendapatan dapat menyebabkan biaya produksi yang lebih tinggi.
12.
Jelaskan
secara singkat praktik enterprise risk manajement dan peranan yang dapat
dijalankan oleh akuntan manajerial dalam enterprise risk manajement?
Jawaban :
Enterprise risk management (ERM) adalah
cara formal akuntan manajerial dalam mengidentifikasikan dan menanggapi ancaman
dan kesempatan bisnis yang terpenting yang dihadapi organisasi. Peranan akuntansi
manajerial terhadap ERM adalah membantu pelaksanaan pendekatan enterprise
risk manajement (ERM) di perusahaan. ERM menjadi hal yang penting dalam
keberhasilan jangka panjang.
13.
Apakah
perbedaan antara posisi lini dengan posisi staf?
Jawaban :
·
Posisi
lini (line position) adalah posisi yang bertanggung jawab langsung pada tujuan
dasar organisasi.
·
Posisi
staf (staff position) adalah posisi yang sifatnya mendukung dan tidak
bertanggung jawab secara langsung terhadap tujuan dasar organisasi.
14.
Controller harus menjadi anggota dari staff manajemen puncak. Apakah anda
setuju dengan pernyataan tersebut?
Jawaban :
Saya setuju bahwa Controller harus menjadi anggota dari
staff manajemen puncak karena peranan penting yang dimainkan oleh akuntansi
manajerial dalam kegiatan operasi organisasi, controller sering dianggap
sebagai anggota tim manajemen puncak dan didorong untuk berpartisipasi dalam
aktivitas perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan, yang
bertanggung jawab terhadap kebutuhan akuntansi internal dan eksternal.
15.
Apakah
yang dimaksud dengan perilaku beretika? Apakah mungkin untuk mengajarkan
perilaku beretika dalam mata ajar akuntansi manajerial?
Jawaban :
Perilaku etis/etika/beretika (ethical behavior) melibatkan
aktivitas pemilihan tindakan yang benar, sesuai, dan adil. Pembelajaran tentang
perilaku beretika sangat mungkin dan penting dalam mata ajar akuntansi
manajerial karena untuk mendorong perilaku yang etis kepada para manajer dan
karyawan sesuai dengan standar perilaku yang digunakan sehingga dapat
menghindari terjadinya kegiatan menerima suap, transaksi dengan orang dalam,
dan penyalahgunaan informasi dan aset perusahaan.
16.
Jelaskan
secara singkat tema-tema utama atau tekanan yang dihadapi oleh pimpinan
perusahaan yang melakukan kecurangan (fraud).
Jawaban :
Tekanan yang dihadapi oleh manajer puncak dan akuntan-akuntan yakni
untuk menghasilkan angka pendapatan bersih yang besar, terutama dalam jangka
pendek. Pihak-pihak tersebut sering memberikan tekanan saat berhadapan dengan
penilaian terkait pendapatan dan biaya yang meragukan. Beberapa pimpinan
memanipulasi angka-angka dalam laporan keuangan. Meskipun para penipu dan
pelaku kecurangan mungkin dapat meraih suatu peluang, tetapi kemenangan mereka
hanya akan bertahan dalam jangka pendek.
17.
Identifikasi
tiga bentuk sertifikasi akuntansi. Sertifikasi manakah menurut Anda merupakan
yang terbaik untuk akuntan manajerial? Mengapa?
Jawaban :
Profesi akuntansi menawarkan tiga bentuk sertifikasi utama untuk
akuntan manajerial :
·
Certificate
in Management Accounting
·
Certificate
in Public Accounting
·
Certificate
in Internal Accounting
Dari ketiga sertifikasi akuntansi tersebut, sertifikasi yang
terbaik untuk akuntan manajerial adalah Certificate in Management Accounting,
karena sertifikasi dalam Akuntansi Manajemen dirancang untuk memenuhi kebutuhan
khusus dari akuntan manajerial. Seseorang yang memiliki gelar Certified Management
Accountant (CMA) telah lulus suatu ujian yang ketat, memiliki pengalaman
yang dibutuhkan, dan berpartisipasi dalam melanjutkan pendidikan.
Note : Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun isinya, dapat diberitahukan melalui kolom komentar, terima kasih :)
terima kasih min :)
BalasHapussangat membantu min ^^
BalasHapusTerimkasih banyak mimin :)
BalasHapusTerimakasi min, yg untuk bab 11 nya gak ada ya min?
BalasHapusMakasih min
BalasHapus